Cara Membaca Spesifikasi Laptop

cara-membaca-spesifikasi-laptop

cara-membaca-spesifikasi-laptop

Bagi temen-temen yang ingin mengetahui lebih detail tentang cara membaca spesifikasi laptop, baca artikel ini sampai selesai ya! Kita tahu, bahwa processor merupakan otak utama dari sebuah perangkat computer atau notebook. Dimana hal ini bias menjadi acuan utama untuk dilihat sebagai pertimbangan. Pada contoh yang tertera di atas, jenis proci yang digunakan adalah intel core i3-231-M. Dengan demikian, berarti spesifikasi dari laptop tersebut menggunakan processor intel core i3-2310M series.

Tiga varian dari intel yang menjadi primadona yaitu core i3, i5 dan i7. Struktur dari ketiganya menggunakan susunan Sandi bridge. Sedangkan untuk patokan mengenai yang tertulis diatas 2,10 GHz, cache 3M. Jangan terlalu dianggap pusing dan ribet. Intinya, semakin tinggi nilainya, maka semakin bagus pula speck processor tersebut.
Mengenai Operating system. Ada laptop yang sudah terinstal OS dan nada pula yang masih kosongan. Tentu saja, lepi yang sudah terisi system operasi windows harganya jauh lebih mahal. Karena kita semua tahu, harga windows ori memang mahal. Biasanya untuk yang sudah terdapat windows, terdapat stiker windows pada tampilan luar dan terdapat produk key originalitas di bagian cashing bawahnya.

Diatas tertulis RAM 2 GB DDR3 Sodimm PC10600. Berarti :
2 GB = kapasitas maksimal untuk menampung perintah sementara dengan satuan GHz
DDR3= adalah jenis RAM yang digunakan. Dimana terdapat pula generasi lain seperti DDR2 dan DDR
Chipsheet merupakan perangkat IC yang memiliki fungsi untuk perantara komunikasi antara processor dengan mainboard. Dimana di dalam mainboard juga terpasang device-intervice misalnya : hardisk, , keyboard, mouse, sound dll.
Hard drive itu banyak yang menyebut sebagai hardisk. Meruoakan media penyimpan data secara permanen. Semua file bahkan OS juga tersimpan di dalamnya. Semakin besar nilainya, maka semakin tinggi pula daya tampungnya. Memiliki 3 jenis : ATA, SATA, SSD.

Optical merupakan media untuk membaca file atau data dari kepingan kaset. Ada dua jenis, dvd biasa atau RW. Perbedaannya yakni untuk jenis DVD RW bias juga digunakan untuk menulis data ke kepingan disc (burning). Sedangakan untuk yang biasa hanya bias untuk baca saja. Sekarang ini sudah ada pula generasi terbaru dari dvd yang bisa membaca blue-ray.

Display merupakan sebuah layar yang digunakan untuk menampilakan perintah dan hasil yang dilakukan oleh user. Untuk tipe diatas memiliki laying dengan lebar 13,3 inch.Dengan teknologi LED ( light emiting diode) sebagai pencahayaanna. Sehingga kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih jernih dan teduh di mata.

Video card adalah jenis chip yang mengontrol tampilan grafis pada layar. Untuk type diatas menggunakan NVidia GeForce 315M-1GB. Untuk nilai terakhir semakin tinggi maka semakin bagus pula tampilan yang dihasilkan.

Lama ngetik capek juga ya! Sekian dulu sobat, share mengani cara membaca spesifikasi ketika membeli laptop. Semoga bisa menjadi media untuk menambah wawasan kita semua. Mohon komentarnya ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published.