Cara Memperbaiki Laptop Atau Komputer Yang Lemot

Sobat IT, pada sesi kali ini saya mau membagiakan sedikit tips tentang cara memperbaiki laptop atau komputer yang lemot. Saya yakin, kita semua hampir pernah mengalaminya kan!!! Oke, langsung saja baca hingga akhir artikel ini ya!

cara-memperbaiki-laptop-atau-komputer-yang-lemot-images31

Sebelum kita memperbaiki kasus di atas, terlebih dahulu sedikit informasi, bahwa ada beberapa hal yang menjadikan laptop atau kompi kita menjadi terasa lemot alias kurang responsiv. Berikut adalah penyebab sekaligus solusinya:

1. Virus
Virus bisa mengakibatkan lambat lo! Karena sebagian besar, dia berjalan secara hiden. Untuk solusinya adalah dengan scan seluruh drive menggunakan antivirus. Maka dari itu, antivirus yang terupdate sangatlah penting. Tujuannya adalah untuk mengenali jenis-jenis virus terbaru.

2. Windows atau driver problem
Masalah pada windows yang sering terjadi adalah crash. Biasanya sering terjadi karena salah satunya proses update windows yang tidak berjalan dengan sempurna. Untuk memperbaikinya, bisa anda gunakan installer windows. Lalu gunakan fitur repair. Sedangkan untuk problem driver, kebanyakan terjadi karena proses instal driver yang tidak kompatible. Atau bisa juga karena driver sudah usang alias lama yang perlu diupdate. Untuk memperoleh driver yang benar-benar kompatible, sebaiknya download langsung di website resmi laptop atau vendor motherboard PC nya. Sesuaikan dengan type windows yang digunakan 32 atau 64 bit.

3. Program atau aplikasi
Program atau aplikasi yang terinstal pada sebuah windows haruslah kompatible. Maka dari itu, sebelum memasang aplikasi tersebut, cek dan sesuaikan apakah software tersebut berjalan dengan normal pada OS yang anda gunakan. Untuk mengeceknya anda bisa langsung cek di website software tersebut. Misalnya game atau aplikasi-aplikasi untuk design seperti photoshop, corel, 3DSmax, autocad dan lain-lain.

4. Spesifikasi
Speck komputer atau laptop memiliki peranan yang sangat vital agar software-software di dalam windows bisa berjalan secara optimal. Misalnya processor, vga atau kartu grafis dan RAM. Pastikan perangkat tersebut memenuhi syarat untuk menjalankan software yang anda gunakan.

5. Hardisk
Hardisk sangatlah memiliki peranan penting dalam sistem komputer atau laptop. Karena disinilah semua data, baik itu aplikasi dan juga windows tersimpan. Jika HDD bermasalah, tentu saja windows dan aplikasi di dalamnya akan mengalami problem ketika running. Masalah yang paling sering timbul pada hardisk yaitu bad sektor. Yakni kerusakan pada bagian-bagian kecil di dalam ruang hardisk. Untuk mengecek kondisi hardisk, aplikasi yang paling sering ane gunakan yaitu HDtune dan hardisk sentinel yang bisa agan download. Banyak yang share di google kok.

Oke bozzz!!! Sekian dulu sedikit share dari saya mengenai cara service laptop atau komputer kesayangan kita yang lelet , lemot atau ngelag. Trima kasih telah mampir ke blog ITservicelaptop. Silahkan comment untuk beri masukan, agar artikel ini bisa lebih bermanfaat untuk semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.