Cara Memperbaiki Mainboard Laptop Konslet

cara-memperbaiki-mainboard-laptop-konslet

Mungkin temen-temen akan merasa cukup canggung ketika melihat judul postingan kali ini mengenai cara memperbaiki mainboard laptop konslet. Mengingat kerusakan pada motherboardĀ  merupakan momok dan penyakit yang cukup serius pada perangkat notebook. Karena, sebagian besar orang dan bahkan teknisi, menganggap kerusakan ini menjadi momok yang perlu penanganan dan skill khusus.

Memang benar juga sih, kalau dalam menservice laptop terutama bagian mainboard harus lebih jeli dan hati-hati. Karena, jika salah dalam penanganan maka kerusakan akan bertambah parah atau merembet. Namanya juga barang elektronik. Tiap bagain memiliki fungsi dan tegangan kerja yang berbeda. Jadi dituntut untuk sedikit faham mengenai skema dan komponen elektronik.

Dalam perbaikan laptop yang konslet, ada beberapa indikator yang bisa dijadikan parameter. Sepengalaman saya beberapa diantaranya yaitu :
1. Lampu power pada adaptor blinking (jika adaptop memiliki lampu)
2. Lampu led power pada laptop mati sesaat ketika diswitch on
3. Tidak ada indikator sama sekali alias mati total

Dari ketiga kasus diatas , sebagian besar memiliki letak konslet yang berbeda. Untuk poin 1 dan 3 biasanya kerusakan terletak di bagian sirkuit regulator. Ada komponen yang short. Biasanya capasitor, mosfet atau bisa juga IC regulatornya. Kerusakan seperti ini biasa di istilahkan dengan kasus “short 19V”.

Pada poin kedua, dengan munculnya lampu power berarti tegangan kerja standard pada laptop sudah terpenuhi. Hanya saja ketika dinyalakan langsung drop. Ini menandakan ada part yang rusak di jalur setelah switch on/ off ditekan. Para teknisi mengistilahkan “short jalur VS”.

Sekian dulu sobat pembahasan tentang cara memperbaiki mainboard laptop konslet. Semoga bisa menambah wawasan para teknisi yang sama-sama sedang belajar (seperti saya). Trima kasih atas kunjungannya ya!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published.