Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

Cara-Mengatasi-Laptop-Tidak-Bisa-Booting

Anda sedang bingung untuk mencari sebuah tips tentang cara mengatasi laptop tidak bisa booting? Jangan kuatir, karena anda berada pada blog yang tepat (sok pinter !…he..he..). Booting merupakan sebuah proses dimana bios sedang melakukan pemilihan program apa yang duluan diload oleh sistem. Jadi intinya yang dimaksud dengan tidak bisa booting yaitu sebuah komputer atau laptop tidak bisa masuk sistem operasi (secara umum).

Berikut adalah beberapa indikasi yang muncul ketika laptop tidak bisa booting :
1. Mentog hanya sampai di logo windows
2. Muncul tulisan dalam bentuk DOS
3. Muncul blue screen

Laptop yang tidak bisa booting mempunyai dua kemungkinan masalah yakni hardware atau software. Dan untuk membedakan  salah satu dari keduanya adalah hal penting dan cukup sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa yang bisa dilakukan untuk membedakan dalam mengatasi laptop yang tidak bisa booting yaitu :

a. Lepas semua device interface pada laptop.
Antara lain dvd room, wifi, keyboard, speaker, hardisk  dll. Artinya meminimalisasi bagian yakni hanya motherboard, RAM, hardisk dan panel lcd. Jika hasilnya bisa boot ke windows dengan normal, bisa dipastikan bagian yang rusak adalah salah satu dari bagian yang dilepas tadi. Pasang satu-persatu untukmemastikan yang rusak. Namun jika masih tetap gagal booting berarti kerusakan berada di salah satu bagian yang terpasang.

b. Tahap ini dilakukan jika tahap pertama masih belum bembuahkan hasil.
Kecurigaan yang muncul jika gagal bisa dilakukan dengan tahap :
– Lepas konektor lcd pada laptop lalu hubungkan dengan monitor eksternal. Lalu test. Jika normal dalam booting, biasanya kerusakan yang sering terjadi pada inverter yang mulai short atau bisa juga webcam yang rusak.
– Coba ganti ram dengan kondisi yang masih bagus.
c. Tahap ketiga jika masih gagal juga akan lebih mudah untuk dianalisa. Yakni antara motherboard atau hardisk. Dalam hal ini bisa anda gunakan sebuah tool pembantu antara lain dengan “hirenboot cd atau DLC boot cd”. Bisa anda download di internet kok dua tool ini dengan gratis.

Di dalam tool tersebut terdapat banyak aplikasi, salah satu yang menjadi faforit saya dalam kasus ini yaitu mini windows xp atau mini windows 7. Caranyapun cukup mudah. Anda hanya tinggal masuk menu bios lalu setting booting awal ditujukan ke hire/ DLC boot tersebut lalu jalankan aplikasi mini windows.

Jika windows bisa loading dengan normal hingga masuk tampilan ke dekstop, bisa dipastikan kerusakan terjadi pada windows atau hardisk.Langkah mudah bisa dilakukan dengan melakukan instal ulang windows. Namun jika gagal masuk ke windows alias masih macet, sangat pasti kerusakan tersebut bersumber pada mainboard laptop. Dan untuk kerusakan ini anda dituntut untuk memiliki keberanian dan keahlian khusus. Atau jika ragu, berikan pada tukang service laptop yang sudah ahli dan terpercaya.

Sekian sedikit hal yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatasi kerusakan laptop yang tidak bisa booting. Semoga akan menambah pengetahuan kita semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.