Cara Mudah Memperbaiki Laptop Overheat

Pada sesi kali ini saya ingin membagikan sebuah tips tentang cara mudah dalam memperbaiki laptop yang overheat. Dimana beberapa indikasi yang muncul ketika overheat yaitu laptop nyala normal, namun suatu saat dan dalam waktu yang tidak menentu tanpa pemberitahuan, dia langsung matiĀ  atau restart sendiri.

Kasus seperti ini sebenarnya sudah sering terjadi, baik pada PC atau laptop. Dan bagian yang menyebabkan mati yaitu processor. Processor sendiri memiliki sebuah sensor yang berfungsi sebagai pengaman. Dimana jika suhu pada part ini melebihi batas kemampuannya, maka dia akan memberikan perintah kepada bagian yang lain untuk mematikan sistem. Kemampuan ini lebih digunakan sebagai pengamanan. Agar processor tidak cepat rusak.

Part yang menjadi penghantar dan pembuang panas dari processor yaitu heatsink dan fan. Maka, pada bagian inilah yang akan kita lakukan pembersihan. Kenapa harus dibersihkan? Kotoran atau debu yang menempel pada kipas dan lubang heatsink bisa mengakibatkan penyumbatan saluran udara. Oleh sebab itulah hawa panas dari processor tidak bisa dikeluarkan.
Untuk perbaikan overheat ini, gampang kok! Anda hanya tinggal membongkar bagian kipas dan pendingin lalu membersihkannya. Seperti pada gambar di bawah ini.
cara-mudah-memperbaiki-laptop-overheat

Sebagai tambahan service laptop, anda juga bisa cek thermal paste yang terdapat pada inti processor. Jika dirasa sudah kering banget (bisa berbentuk seperti keripik), maka sebaiknya diganti dengan pasta yang baru. Agar lebih maksimal dalam menyerap panas.

Mudah sekalikan. Sobat bisa melakukan service laptop kasus ringan seperti ini dirumah. Selain itu, akan bisa menghemat biaya tentunya. Semoga sedikit coretan tangan seputar cara mudah memperbaiki laptop overheat ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published.