Cara Service Laptop

cara-service-laptop

Sekarang ini cukup banyak sekali orang yang mencari informasi tentang cara service laptop. Hal ini seiring dengan banyaknya pengguna laptop atau notebook di tanah air bahkan di seluruh dunia. Yang namanya peralatan buatan manusia terutama barang elektronik dalam hal ini jika sering digunakan, ya bisa rusak. Bahkan jika pemakaiannya melampaui batas. Pasti cepat pula rusaknya.

Oleh karena itu postingan tentang cara service laptop kali ini semoga akan bisa membantu para sobat yang hanya sekedar ingin belajar atau bagi anda yang sedang mengalami kerusakan pada notebook kesayangan saudara sekalian. Syukur-syukur bisa menyelesaikan problem yang anda alami setelah membaca artikel ini.

Dalam tulisan kali ini, kami akan lebih fokus membahas mengenai kerusakan hardware pada notebook atau laptop.

Secara garis besar, kasus pada laptop itu dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama adalah kerusakan software dan yang kedua adalah hardware.

Contoh masalah software antara lain : laptop terasa sangat lemot, gagal instal aplikasi tertentu, virus dan masih banyak yang lainnya. Lepi yang lemot bisa disebabkan oleh virus, driver yang rusak ataupun file windows yang sudah mulai corrrup. Solusi termudah adalah dengan melakukan instal ulang.

Pada dasarnya, kerusakan hardware pada laptop secara umum dibagi menjadi 2 bagian :
1. Mati total
2. Nyala (indikator power disertai kipas) namun tidak ada tampilan di layar

Kasus Mati Total
Dalam artian tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali, baik itu lampu power ataupun kipas tidak berputar. Pada kasus ini langkah termudah yang perlu dilakukan yaitu sumber tegangan dari adaptop sudah masuk ke motherboard atau belum. Kalu belum, ya mana mungkin menyala.

Dalam kasus ini yang perlu untuk dicek adalah :
a). Charger/ adaptop = Gunakan AVO meter untuk memastikan tegangan sudah keluar atau belum. Tegangan berkisar antara 19 v – 20 v untk laptop jenis terbaru. Untuk model lama antara 12 v – 15 v.
b). Jack adaptop (posisi menempel di cashing/ mainboard laptop) = Kerusakan ini cukup sering terjadi. Kerusakan pada jack akan mengakibatkan tegangan dari charger tidak bisa masuk ke motherboard. Sehigga sistem tidak memiliki daya untuk bekerja.
c).Kerusakan pada part motherboard = Komponen yang sering rusak yaitu mosfet, capasitor, IC KBC, chipsheet dan processor. Namun, secara umum processor jarang sekali rusak karena dilengkapi oleh beberapa sensor pengaman.

Kasus Nyala Namun Tidak Ada Tampilan Dilayar
Ketika menemui kerusakan demikian, bisa dipastikan bahwa sistem telah memperoleh sumber tegangan kerja dari power suply atau adaptop. Namun, dikarenakan oleh adanya satu atau beberapa part rusak sehingga tidak menampilkan sinyal ke layar lcd.

Langkah termudah yang bisa dilakukan yaitu :
a). Gunakan monitor eksternal lalu hubungkan socket VGA  / HDMI pada notebook ke eksternal tersebut. Coba nyalakan dan lihat reaksinya. Dan kemungkinannya hanya ada 2 yakni :
1. layar eksternal menampilkan gambar = Berarti kerusakan terletak pada salah satu : LCD, Kabel fleksible atau inverter.
2. Tidak ada gambar di eksternal = kecurigaan terbesar terletak pada chip VGA, IC KBC atau bisa juga processor. Untuk type netboo yang menggunakan kartu grafis Nvidia, ATI radeo dan AMD sangat sering terjadi pada part tersebut yag dikarenakan overheat.

Untuk kerusakan yang masih ada tampilan, seperti BLUESCREEN memang cukup sulit untuk membedakan antara kerusakan software dan hardware. Untuk mempermudah, bisa anda gunakan sebuag tool pembantu diantaranya HIRENBOOT CD atau DLC BOOT CD. Caranya :
a). Burning tool tersbut ke dalam kepingan DVD atau flashdisk
b). Masuk menu bios lalu atur booting pertama ke DVD tersebut
c). Jalankan program mini windows XP atau mini windows 7

Jika bisa loading dengan normal, berarti kerusakan tersebut adalah software. namun jika gagal loading atau muncul bluescreen, bisa dipastikan kerusakan tersebut berasal dari hardware. Bisa dari RAM atau part yag ada di mainboardnya.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan mengenai cara service laptop. Silahkan beri komentar jika dirasa ada yang kurang dengan penjelasan tersebut. Sehingga akan lebih bermanfaat bagi semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.