Fungsi Driver Pada Laptop Dan Komputer

fungsi-driver-pada-laptop-dan-komputer

Fungsi dari driver pada laptop dan komputer yakni sebuah piranti lunak yang menghubungkan antara OS dengan perangkat keras alias hardware. Peran dari driver sendiri sangatlah penting. Tanpa adanya software ini sebuah hardware tidak bisa bekerja karena perintah dari user melalui sistem operasi tidak bisa diteruskan kepada piranti keras.

Beberapa contoh driver yang diperlukan untuk sebuah laptop maupun komputer antara lain : keyboard, USB, chipshett, VGA dan peripheral luar lainnya.

Sebagai contoh, kita membeli printer baru. Tanpa pikir panjang printer tersebut langsung dinyalakan dan dihubungkan ke komputer maupun laptop untuk ngeprint hasil tugas sekolah atau kerja. Ketika anda tekan tombol print pada laptop, maka si printer tidak mau bekerja untuk melakukan proses pencetakan.

Jika kita masih awam dalam dunia komputer, maka sudah pasti dibuat pusing. Namun jika anda sudah cukup familiar dengan dunia tersebut, maka anda akan mengambil langkah bijak dengan melakukan pengecekan sebagai berikut :
1. Buka device manager, jika ditemukan tanda seru berwarna kuning, maka bisa dipastikan driver masih belum terpasang.
2. Ketika mambeli printer baru, kita akan memperoleh sebuah kepingan cd atau dvd. Nah,,,, itulah sebuah driver yang harus di instal pada komputer sebelum dioperasikan.
3. Untuk memastikan, coba cek ulang device manager, sudah hilang atau belum tanda pentung kuning tersebut. Jika sudah, maka perangkat printer bisa langsung digunakan untuk mencetak.

Sekian sekelumit ulasan mengenai fungsi driver pada laptop dan komputer. Semoga membantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.