Jenis Jenis Bios Pada Laptop Dan Cara Masuknya

jenis-jenis-bios-pada-laptop-dan-cara-masuknya

Sebelum membahas tentang jenis-jenis bios pada laptop, terlebih dahulu kita sebaiknya mengetahui pengertian dari bios itu sendiri. Bios merupakan kependekan dari Basic Input Output yaitu sebuah frimware yang bertugas sebagai pengontrol hardware pertama kali pada saat perangkat laptop atau komputer dinyalakan. Beberapa perrangkat yang diperintahkan yaitu  processor, ram, hardisk, vga, keybpard, mouse, dvd pada saat booting.

Selain hal diatas, bios juga memiliki fungsi yang lain, diantaranya :
1. Sebagai sarana pengatur media penyimpanan
2. Pengatur dan penginisialisasi proses booting
3. Sebagai pengecek kondisi periperal hardware

Berikut adalah jenis-jenis bios yang sering dipakai pada laptop maupun komputer :
1. AMI Bios
Bios ini dibuat oleh perusahaan America Megatrend pada tahun 2002

2. AWARD Bios
Yakni sebuah bios yang bisa dimodifikasi dan diatur sesuai selera oleh pemakainya. Karena data settingan akan tetap tersimpan walaupun komputer dalam keadaan mati. Kenapa demikian? Karena di dalamnya telah tertanan sebuah battery CMOS yang memungkinkan menyimpan saat kondisi off.

3. PHOENIX Bios
Sekarang ini di indonesia cukup banyak yang menggunakan bios jenis ini. Memiliki beberpa keunggulan, antara lain : keamanan, memiliki kompatibilitas tinggi, tingkat konektivitas yang cepat.

4. IBM Bios
Kependekan dari International Business Machines Corporation yang dibuat sejak tahun 1888 pusat kotanya berada di Armonk, Newyork.

Berikut cara mengakses bios pada laptop :
1. Asus… tekan F2
2. Acer….tekan F2
3. Hp……tekan F10
4. Lenovo..tekan FN + F2
5. Toshiba..tekan F2
6. Dell….Tekan F2

Demikian sedikit artikel mengenai jenis-jenis bios pada laptop dancara masuknya. Semoga memberi tambahan pengetahuan bagi kita semua ya!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published.