Mengatasi Acer Aspire 2920Z Sering Restart

Kali ini ane ingin share mengenai cara mengatasi notebook acer aspire 2920Z dengan kerusakan sering restart. Jadi kasus dari lepi milik pelanggan saya yang mau diservice ini begini. Pada saat dinyalakan pertama kali memang terlihat sangat lancar. Selang beberapa menit, akanrestart sendiri. Bahkan mati total. Dan coba pegang pendingin processor panas sekali.

mengatasi-acer-aspire-2920Z-sering-restart

 

Untuk problem ini, ane pikir adalah karena overheat. Yakni secara umum adanya kotoran atau debu yang menumpuk pada bagian fan dan heatshink. Atau bisa juga disebabkan oleh thermal paste yang sudah habis atau mengering. Langsung saja saya bongkar itu laptop dan oprek bagian yang saya curigai tersebut. Ternyata kipas dan heatshink masih bersih dari kotoran dan pasta yang menempel pada processor masih bagus kondisinya. Waduh…. Apanya ya!

Akhirnya untuk mengatasi problem acer aspire 2920Z ini, mau tidak mau harus bongkar mobonya. Dan cek part sekitar processor atau chip. Setelah motherboard keluar dari sarangnya, terlihat dengan jelas semuanya. Ukur tegangan kerja masih normal semua. Nah….. Langsung deh ane simpulin bahwa tersangka utama yang dicurigai yaitu si Nec Tokin yang terletak dibalik processor. Dengan serial number OE907. Kebetulan masih ada stock ni dikotak sparepart.

Proses melepas nec tokin dari sarangnya cukup sulit lho! Kalau sobat mengalami hal ini, bisa menggunakan cutter untuk merusak bagian fisik luarnya. Setelah itu dengan kombinasi solder dan blower, lepaskan bagian solderan yang masih menempel pada board.

Setelah diganti dengan nec tokin yang baru, kini saatnya saat yang cukup mendebarkan. Yakni proses pengujian alias testing. Masukkan charger dan switch. Taraaaaa…!!! laptop bisa menyala dengan normal. Coba ane panjer beberapa jam dengan OS windows. Dan hasilnya Alhamdulillah lancar tanpa mati-mati lagi.

Oiya, apabila sobat tidak memiliki nec tokin yang sejenis, maka agan bisa menggantinya dengan 4 buah kapasitor dengan nilai 330 uF. Dan ingat, pemasangannya jangan terbalik ya. Karena kapasitor jenis ini, memiliki polaritas positif dan negative. Jadi harus teliti.

Sekian share dari ane mengenai cara mengatasi acer aspire 2920Z yang sering restart atau mati sendiri saat dinyalakan. Semoga bisa menjadi inspirasi sobat bloger semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.