Cara Cek Kondisi Kampas rem

cara-cek-kondisi-kampas-rem

Pentingkah rem bagi kendaraan? Sudah pasti anda bisa menjawab pertanyaan ini kan!!! Kali ini mari kita belajar tentang cara cek kondisi kampas rem motor. Baik itu sistem tromol ataupun cakram.

Untuk sistem tromol, anda bisa cek ketebalan kampas rem dengan berpatokan pada setelan rem. Jika setelan sudah mentok ke kanan, namun hasil rem yang dirasakan masih belum maksimal, sudah bisa dipastikan bahwa kampas rem aus alias habis.

Untuk sistem cakram, cukup mudah juga kok pengecekannya. Hanya dengan menengok kedua sisi yang mengapit piringan cakram. Dari situ akan langsung kelihatan masih tebal atau sudah tipis kampas kita.

Kampas rem yang sudah aus dan tidak segera diganti, akan cepat merusak piringan cakram dan tromol. Karena logikanya besi bergesekan dengan besi. Maka sisi besi yang terkuatlah yang menang. Jika yang rusak adalah sisi pengapit kampas rem tidak jadi masalah. Banyak kejadian yang membuktikan, sisi yang kalah adalah rumah tromol atau piringan cakram yang aus. Jika demikian sudah telas biaya penggantian akan menjadi lebih mahal.

Maka dari itu perawatan akan kendaraan sangat penting untuk dilakukan, selain menghemat biaya, juga lebih aman ketika berkendara.

Sekian dulu ya ulasan mengenai cara mengecek kondisi kampas rem, kami harap artikel ini bermanfaat bagi semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.