Cara Kerja Power Supply AC Matic

cara-kerja-power-supply-AC-matic

Bagi anda yang ingin lebih menekuni dunia elektronika, mempelajari cara kerja power supply AC matic akan sangat bermanfaat sekali. Karena semua piranti elektronik pasti menggunakan sumber tegangan. Dan semua sumber pasti diolah pada bagian power supply.

Power supply ac matic adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk merubah tegangan AC dari jala PLN menjadi DC. Keunggulan dari power supply ini adalah hasil tegangan yang disearahkan menjadi lebih halus bisa diset lebih besar tergantung kebutuhan. Namun kelebihannya jika dibandingkan dengan power supply konvensional yang menggunakan trafo adaptor yaitu bentuknya yang lebih kecil. Sehingga tidak membutuhkan tempat yang besar.

Rangkaian AC matic memiliki komponen utama yaitu dioda penyearah, kapasitor filter, transistor (FET), dioda zener, optocoupler dan komponen pendukung lainnya seperti kapasitor dan resistor.

Cara kerja power supply ini kurang lebih demikian.
Tegangan dari PLN akan disearahkan menjadi dc oleh dioda rectifier (kiprok), kemudian agar lebih halus difilter oleh elco. Selanjutnya tegangan itu akan masuk ke FET atau transistor, disini rangkaian output akan diarahkan ke input sebuah trafo regulator. Peranan FET (transistor) adlah sebagai pengontrol. Selanjutnya jika input trafo telah menerima tegangan, secara normal, maka akan keluar tegangan otput. Dan masing-masing tegangan outoput akan diberi sebuah dioda penyearah dan di filter kembali. Untuk mengontrol agar kinerjanya stabil, maka dipasang sebuah ouptocoupler pada salah satu pin output trafo dan diumpankan ke bagian pengontrol input.

Gimana temen-temen bloger, setelah menbaca sekelumit penjelasan diatas, tentunya kita semua sudah mengetahui kan tentang cara kerja power supply AC matic.


Leave a Reply

Your email address will not be published.