Cara Memperbaiki Blender

cara-memperbaiki-blender

Sebenarnya cara memperbaiki blender tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Asal kita tahu sedikit triknya. Ketika kita mengetahui langkah pokoknya, maka sudah tentu akan bisa mengirit biaya, karena tidak harus dibawa ke tukang service.

Kita smua tahu, bahwa blender merupakan salah satu alat yang bisa memudahkan kita dalam bekerja, misalnya bagi ibu rumah tangga. Alat ini akan sangat bermanfaat untuk menghaluskan bumbu. Tentu saja akan sangat capek dan lama jika harus melakukan secara menual. Apalagi bagi mereka yang jual makanan. Contoh lain adalah bisa digunakan untuk juicer. Baik bagi keluarga sendiri ataupun untuk mereka yang mempunyai usaha minuman buah.

Hal ini akan sangat merepotkan apabila blender yang senantiasa memudahkan pekerjaan kita rusak. Mau beli baru, ehhh uangnya masih belum ada. Tentu saja opsi yang paling murah yaitu dengan memperbaikinya ke tukang service. Namun, kendala yang muncul adalah banyaknya antrian jika Si tukang service sedang banyak kerjaan.

Namun, jangan kuatir, melalui postingan kali ini, saya ingin sedikit share tentang tips mudah cara memperbaiki blender kesayangan anda. Yuk kita simak langkahnya :

Kerusakan blender bisa digolongkan menjadi 2 yakni kerusakan pada gelas bagian atas dan kerusakan pada bagian motor penggeraknya.

1. Bagian gelas
a).Bagian yang paling sering mengalami kerusakan yaitu kopel penghubung antara motor dengan gelas. Letaknya ada di sisi bawah. Biasanya berwarna hitam dengan         bahan karet atau plastik. Coba perhatikan bentuk giginya. Jika sudah tidak runcing berarti waktunya ganti dengan yang baru.
Cara melepasnya yaitu pegang dan tahan bagian pisau lalu lepas kopel penghubung dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Arah putaran untuk melepas     bukan merupakan patokan pasti, namun secara umum ke arah kiri untuk melepasnya.

b).Pisau tumpul, ini ditandai dengan hasil blender yang lama, namun tak kunjung halus. Pisau tumpul jika dibarkan akan menyebabkan dinamo menjadi panas.
cara melepas : sama dengan melepas kopel.

c).Bagian lain yang sering mengalami kerusakan yaitu seal alias karet untuk dudukan gelas. Yang menyebabkan bocor.
2. Bagian motor atau dinamo
a). Brostel. Bagian ini merupakan penghubung antara gulungan rotor dan stator. Terbuat dari bahan karbo dengan warna hitam. Biasanya terdapat per pada         ujungnya. Brostel lama-kelamaan akan aus. Jika demikian, maka motor tidak akan bisa berputar.
cara melepas : congkel bagian penutup brostel lau keluarkan dan ganti dengan yang baru.

b). Dinamo. Bagian utama penggerak yang terdiri dari gulungan luar (stator) dan gulungan penggerak (rotor). Ciri kerusakan pada bagian ini yakni setelah dipastikan mengganti brostel namun timbul bunga apai yang sangat besar atau putaran motor menjadi lambat. Ini menandakan ada short pada kumparan. Biasanya yang sering terbakar adalah bagian dalam alias rotor.

Nah… Itulah kerusakan yang sering terjadi pada blender. Jika kita sebgai orang awam, maka langkah mudah yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki atau mengganti bagian kopel, nrostel dan pisau. Namun untuk memperbaiki kerusakan dinamo atau gulung ulang, anda bisa membawa ke ahlinya.

Bagaimana temen-temen!!! Setelah membaca ulasan diatas, mudah sekali kan cara memperbaiki blender itu!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published.