Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

cara-memperbaiki-kipas-angin-rusak

Cara memperbaiki kipas angin rusak pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan memperbaiki blender. Mengingat keduanya adalah jenis dinamo. Namun mempunyai dinamo yang berbeda. Jika blender menggunakan dinamo dengan 2 jenis kumparan luar dan dalam, tetapi pada kipas angin menggunakan kumparan hanya pada sisi luarnya.

Dari segi rpm, dinamo blender mempunyai rpm yang lebih tinggi, yakni lebih dari 6000 rpm, sedangkan pada kipas angin hanya 1400 rpm. Lain lagi untuk pompa air yang memiliki rpm 2800.

Udah ah… Terlalu banyak basa-basi. Sekarang kita kembali ke pokok bahasan mengenai cara service kipas angin yang rusak. Sebelumnya mari kita sedikit belajar tentang bagian-bagian yan sering rusak pada kipas angin. Dalam kasus ini saya lebih fokus memberi contoh pada kipas angin rumahan. Yang biasanya digunakan pada kamar. Ada tipe tertentu yang menggunakan stand untuk bisa dinaik turunkan ketinggiannya.yaitu :

1. Kapasitor
Berfungsi sebagai pendorong utama pada saat kipas dinyalakan. Biasanya berwarna hitam. Ciri apabila bagian ini rusak yaitu kipas masih bisa berputar, namun dengan bantuan tangan untuk pertama kalinya.

2. Motor
Merupakan bagian dinamo utama sebagai sumber putaran. As pada rotor dikaitkan dengan sebuah baling-baling yang akhirnya berputar dan menghasilkan angin. Kerusakan pada bagian ini terutama kumparan, akan mengakibatkan kipas tidak mau berputar. Biasanya diakibatkan short pada kumparan. Untuk memastikannya, kita membutuhkan sebuah multimeter. Dengan skala ohm meter, lakukan pengukuran pada masing-masing kutub listrik dan speed. Kesemuanya tidak boleh dalam posisi 0 ohm. Jika demikian, maka kipas sudah pasti tidak mau berputar.
Ciri lain jika kumparan short yaitu terbakarnya kumparan email. Dengan ditandai oleh bau gosong pada semua kumparan.

3. Fuse
Hampir semua pabrikan mengamankan kumparan dengan sebuah fuse. Dengan meletakkan di dalam gulungan. Hal ini dimaksudkan, jika terjadi hubung singkat, maka dinamo tidak langsung terbakar.
Bagian ini sangat sering sekali terjadi kerusakan akibat overload. Namun, untuk melakukan penggantian pada fuse ini diperlukan keahlian khusus dan keberanian tingkat tinggi. Karena seluruh permukaan fuse diapit oleh kumparan kawat tembaga yang sudah diberi lem. Tingkat keberhasilan proses pengambilan fuse ini boleh dibilang 50:50. Karena jika menarik terlalu keras dan mengakibatkan kawat lainĀ  putus, maka resikonya adalah menggulung ulang.

4. Saklar speed
Berfungsi sebagai pengatur speed 1, 2,3, 4 dan off


Leave a Reply

Your email address will not be published.