Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak

cara-memperbaiki-pompa-air-yang-rusak

Apakah anda sedang bingung mencari informasi mengenai cara memperbaiki pompa air yang rusak! Mungkin artikel kali ini akan bisa membantu masalah anda mengenai masalah air dirumah.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting mulai dari mandi, mencuci, memasak bahkan untuk menyirami tanaman hias kesayangan kita. Dan di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, peran pompa air akan sangat vital.

Lantas apa yang terjadi jika pompa yang senantiasa membantu supply air di rumah rusak? Tentu saja sebagian aktivitas akan menjadi terganggu. Namun, sebagai orang awam dalam bidang teknik, sebelum membawa alat yang rusak tersebut tidak ada salahnya jika mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Siapa tahu kerusakan yang terjadi masih tergolong mudah. Itung-itung bisa menghemat biaya dan waktu bukan!!!

Berikut saya sajikan info tentang cara mudah memperbaiki pompa air yang rusak.

Pompa air memiliki 2 bagian utama yaitu unit motor, switch sensor dan bagian penyedot.Berikut penjelasan dan solusi masing-masing bagian :
1. Motor
Bagian yang sering rusak adalah fuse, kumparan, bearing, kapasitor dan seal. Cara pengecekan fuse, kapasitor dan kumparan tidak jauh berbeda dengan kipas angin. Namun untuk kerusakan bearing bisa ditandai dengan suara pompa yang berisik. Bahkan jika sudah cukup parah, pompa tidak akan mau berputar. Mungkin sebagian orang menyebutnya dengan klaker.

2. Unit penyedot
Merupakan bagian yang berfungsi untuk menyedot air dari dalam tanah. Bagian yang sering mengalami kerusakan yaitu :
a. Tosen klep => terletak di ujung pipa yang berada di dalam air. Cara kerjanya cukup sederhana yaitu air yang telah disedot tidak akan bisa keluar. Sedangkan untuk cek kondisinya yaitu dengan melepas pipa input pompa dan angkat pipa ke atas. Air yang telah terangkat tidak boleh keluar.

b. Impler dan klep => kerusakan pada bagian ini ditandai dengan pompa yang berputar, namun tidak bisa menyedot air atau air mengalir sangat pelan. Impler berbentuk seperti sirip ikan. Untuk menggantinya diperlukan keahlian khusus.

3. Switch sensor
Merupakan sebuah saklar yang berfungsi sebagai saklar otomatis yang memanfaatkan tekanan air. Jika kran dibuka, maka switch akan on dan menyalakan motor. Bisa di setel tingkat kepekaannya dengan menggunakan obeng. Kekiri untuk lebih responsif atau ke kanan untuk respon lambat. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah bunyi kerisik pada saklar secara berulang-ulang. Solusinya coba setel dulu. Jika masih tetap tidak bisa, berarti waktunya diganti dengan yang baru.

Demikian sobat sedikit ulasan yang bisa saya berikan mengenai cara memperbaiki pompa air yang rusak, semoga bisa membantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.