Kerusakan Laptop Tidak Mau Detect Usb

kerusaka-laptop-tidak-mau-detek-usb

Haloo sobat teknisi semua! Kali ini hanya sekedar ingin berbagi pengalaman tentang kerusakan laptop yang tidak mau mendeteksi USB. Ini terjadi pada laptop pelanggan saya yang bernama Pak Yoga yang ingin melakukan upgrade dari windows 7 32 bit menjadi 64 bit.

Karena DVD room udah mulai melemah kondisinya, maka ane gunakan DVD portable untuk melakukan proses instalasi. Namun, batapa terkejutnya ketika masuk menu bios si usb dvd tidak terdeteksi. Waduhhh… gimana nih. Mau pakai boot dari usb aja nggak bisa. Sedangkan di sisi lain suhu sekitar fan menjadi sangat panas.

Akhirnya ane bilang ke user bahwa ada masalah hardware dan harus dibawa pulang untuk dioperasi alias di edel-edel. Dan beliau pun setuju. Setelah nyampek rumah ane coba bersihkan hetsink fan dan ganti pasta processor yang udah mengering. Lalu coba jalankan.

Hasilnya tetep sama saja nggak mau mengenali usb. Selanjutnya cek tegangan pada bios dan vcore. Kok rodok drop! Lalu ganti kapasitor vcore 47 uF ada 8 biji. Sekalian resolder ulang ic KBC. Lalu test dan hasilnya vcore normal. Tetapi masalah belum kelar, yaitu tetep nggak mau detek usb. Namun kali ini muncul indikator bluescreen.

Perburuanpun mulai menemukan titik terang. Kecurigaan tertuju pada RAM 2 biji yang terpasang. Saya lepas 1 keping yang 4 Gb. Coba jalankan. Normal dan enteng loadingnya ternyata. Untuk memastikan ane coba pasang ram 4 gbnya. Dan hasilnya processor panas dan muncul bluescree. Alhamdulillah ternya biangkerok telah ditemukan. Yakni sekeping RAM 4 giga.n

Sekian sedikit info dari saya tentang kerusakan laptop yang tidak mau mendeteksi USB. Semoga membantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.