Memperbaiki Power Supply Monitor

memperbaiki-power-supply-monitor

Tutorial mengenai memperbaiki power supply monitor kali ini lebih kami khususkan untuk jenis tabung. Namun teori ini tetap bisa digunakan untuk memperbaiki power supply yang lain. Karena pada prinsipnya semuanya sama saja kok.

Jika sebelumnya anda telah membaca artikel tentang cara kerja power supply AC matic, mungkin akan lebih membantu. Karena disitu telah dijelaskan prinsip dasarnya.

Berikut ini akan kami jelaskan tentang garis besar dalam memperbaiki power supply monitor. Baca terus sampai selesai ya!!!

Semua power supply memiliki sisi input dan output. Jadi, kerusakan dapat digolongkan menjadi 2 bagian. Antara input dan output tersebut. Sebagai anggapan mudah kita analogikan trafo sebagai titik tengahnya. Mengingat kasus kerusakan trafo cukup jarang. Namun pernah juga terjadi kerusakan pada trafo.

Beban utama pada otutput power supply yaitu tegangan B+ yang merupakan pemasok utama jalur tegangan tinggi ke trafo FBT. Jika terjadi masalah pada jalur ini sudah bisa dipastikan monitor mati. Baik mati total ataupun mati dengan lampu power tetap menyala.

Untuk membantu dalam proses pengecekan bisa dilakukan dengan bantuan lampu pijar 100 w. Lampu ini akan sangat berguna untuk memberi beban pada jalur B+ pada saat dilepas. Dan perlu di ingat, melepas jalur B+ tidak boleh asal, karena bisa berakibat fatal pada komponen yang lain. maka dari itulah pada saat beban di lepas, beban tegangan diarahkan menuju lampu pijar tadi.

cara melepas jalur B+ bisa dengan mencopot trafo HOT (horizontal Output Transistor) dengan ciri-ciri memiliki ukuran lebih besar dengan dilengkapi pendingin. Lalu pasangkan lampu pijar sebagai beban secara paralel di jalur B+ sebelum transistor horizontal dengan ground.

Sebelum melakukan testing ke tegangan PLN pastikan dulu kabel power, fuse, elco filter utama dan transistor power dalam keadaan baik. Jika sudah yakin, maka colokkan ke listrik dan lihat indikator lampu.

Lampu pijar akan menyala jika kondisi PSU normal. Sebaliknya apabila lampu pijar mati, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada jalur sebelum trafo. Lakukan pengecekan ulang pada komponen sebelum transformator.

Apabila lampu telah menyala dengan normal, berarti kerusakan yang terjadi bukan pada blok power supply. Melainkan pada jalur HOrizontal atau vertikal. Cek transistor HOT, trafo FBT, IC vertikal dan komponen-komponen pendukungnya. Komponen pendukung yang sering mengalami kerusakan adalah elco.

Secara umum, ketika transistor horizontal dilepas, terdapat tagangan sekitar 1 v AC di titik basis HOT. Jika tidak ada, berarti ada masalah pada jalur driver horizontal. Jalur ini di kendalikan oleh sebuah transistor kecil, dengan sember langsung dari tegangan B+ yang telah diturunkan melalui resistor.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai cara memperbaiki power supply monitor, semoga membantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.