Urutan Generasi Dan Cara Membaca VGA Nvidia

urutan-generasi-dan-cara-membaca-vga-nvidia

Sobat internetmania tercinta… Dimalam yang cukup cerah ini saya ingin berbagi tulisan tangan tentang urutan generasi dan cara membaca VGA Nvidia. Saya yakin kawan-kawan udah pada tahu kan salah satu vendor ternama yang satu ini! VGA merupakan kependekan dari video graphic adapter. Dimana memiliki fungsi untuk mengolah tampilan dari perintah yang dimasukkan oleh user dan menampilkannya dalam layar pada laptop atau komputer. Baik itu LCD ataupun monitor.

Nah… Kita kembali tentang topic pembicaraan awal sesuai judul seputar generasi dan trik untuk membaca spesifikasinya. Dimana topic ini akan membicarakan tentang kode angka yang berada setelah kata NVIDIA. Berikut ulasannya. Baca sampai kelar ya!

  1. Angka pertama menunjukkan jenis teknologi yang digunakan.

Nvidia yang menggunakan tiga angka adalah jenis yang lebih baru dari segi teknologi dibanding empat digit. Yang secara langsung bisa dilihat dari tingkat kejernihan grafik yang dihasilkan. Sebagai contoh, vga type Gforce 9600 lebih baru dari Gforce 8600.

  1. Angka kedua berarti kelas

Anka yang sering digunakan biasanya 3, 4, 5, 6, 7 dan 8. Jika pada AMD ada istilah Low End dan Hight End.

  1. Digit ketiga menunjukkan nilai revisi

Untuk karakter dari Nvidia ini, hanya terdapat beberapa jenis yang digit ke-3 nya bukan 0. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dari vga ini berada diantara generasi sebalumnya. Misal, seri 8750 lahir setelah seri 8700 dan 8800 diluncurkan.

Sedangkan untuk huruf yang tampil setelah digit anga dari VGA NVidia menunjukkan tingkat kinerjanya. Berikut ini adalah urutan kode dari kinerjanya mulai dari yang rendah ke yang paling tinggi :

  1. LE = Tipe ini menggunakan sebagian dari kapasitar Random Acces Memori (RAM). Sekarang sudah tidak beredar di pasaran lagi.
  2. GS = Kemampuannya sedikit diatas poin (a), tapi masih tergolong rendah. Dan masih tergolong low-end.
  3. GSO = Masih masuk golongan low-end. Tetapi kemampuannya lebih stabil disbanding GS.
  4. GT = Seri yang paling banyak digunakan di pasaran. Merupakan tipe standard dan cukup stabil.
  5. GTS = Masuk golongan mid-end. Memiliki kemampuan dan harga sedikit di atas GT.
  6. GX = Kemampuan grafiknya mantap. Namun, cukup jarang , karena hanya kalangan tertentu yang menjadi peminatnya.
  7. GTX = Memiliki hasil tampilan yang super handal. Termasuk golongan hight-end. Harganya pun masih tergolong cukup mahal.

 

Sedian dulu ya Sob, artikel dari ane tentang urutan generasi dan cara membaca VGA NVidia. Semoga menambah wawasan kita semua. Oiya, silahkan kunjungi juga artikel saya tentang jasa service laptop. Barangkali anda atau kerabat membutuhkannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.